Senin, 06 Mei 2013

Hatta: Trans Sumatra Highway groundbreaking this year

Finance Info- Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, bahwa Tol Trans Sumatera segera groundbreaking pada tahun ini. Kemungkinannya, proyek ini akan dipimpin BUMN yang 100 persen dikuasai negara atau yang belum IPO.


"Tol Sumatera akan kita kerjakan. Tahun ini akan groundbreaking. Tapi masih ada pembahasan terkait besaran dana dukung pemerintah (VGF) nya karena Menteri PU menginginkan agar tidak hanya satu BUMN saja tapi bisa beberapa BUMN maupun konsorsium BUMN," ujarnya di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/5/2013).


Hatta melanjutkan, penunjukkan BUMN yang masih 100 persen dikuasai negara karena sifat BUMN tersebut dalam pembangunan tol ini adalah penugasan. "Karena ini sifatnya penugasan harus diberikan kepada BUMN yang 100 persen dikuasai negara," kata dia.


Hatta mengakui, ada ada usulan dari beberapa Menteri bahwa BUMN besar yang sudah IPO bisa ikut juga dalam pekerjaan tol ini. Namun ide tersebut masih terpecah karena sifatnya penugasan negara maka tidak bisa diberikan kepada BUMN yang sudah IPO.


"Ada usulan bagaimana kalau mengajak (BUMN) yang sudah IPO, sebagian ini masih belum (diterima), sebagian tetap BUMN yang 100 persen negara karena sifatnya penugasan. Karena penugasan itu diberikan kepada perusahaan negara yang secara komersial belum viable (belum mandiri) dan di situ ada penyertaan modal negara," terangnya.


Hatta menuturkan, jalan tol tersebut terlalu panjang untuk dikerjakan satu BUMN saja dan karena sifatnya penugasan maka pihaknya masih membahas hal ini.


"Jalannya 2.700 kilometer sanggup enggak (BUMN tersebut) sendirian dan total 23 ruas jalan tol di Sumatera. Pokoknya Menteri PU yang tahu dan siapa BUMN yang mengerjakan itu Menteri PU yang tahu. Sekarang masih dibahas jangan diambil kesimpulan dulu, karena ini kan sifatnya penugasan," tutup dia.

(izz)


Finance; Investment; Business; Economics




Finance; Investment; Business; Economics

Title Post: Hatta: Trans Sumatra Highway groundbreaking this year
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Thank you for your coming, please leave your comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar